AIR TERJUN TERINTIK / TERINTING ( Engkangin, Kec. Air Besar Kab. Landak, Kal-Bar, Indonesia)


Air terjun Terintik/ Terinting berada di Desa Engkangin Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Lokasi Air Terjun  ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3 sampai 4 jam dari desa Engkangin. Tenang, tidak akan terasa letih, karena semua itu akan terbalaskan setelah kita sampai di lokasi Air terjun. Dalam perjalanan anda akan menyaksikan alam yang masih asli, hijau dan sejuk. Air terjun tujuh tingkat ini menjadi tujuan wisata yang tepat bagi para petualang yang ingin merasakan sensasi berwisata sekaligus mendaki gunung. Hal tersebut barusan dikarenakan lokasi Air terjun Terinting berada di Bukit yang cukup tinggi. 
Keunikan lainya dari Air Terjun Terinting ini juga bisa kita temukan di lokasi base camp tempat kita bermalam yaitu di tingkat lima air terjun. Base camp tersebut tepat dibawah air terjun yang mengalir serta kita juga akan menemukan banyak pohon cabai yang tumbuh subur di lokasi Air Terjun.
photo: Pemandangan dari base camp Air Terjun Terinting tingkat 5
Tidak hanya itu, kita dapat menyaksikan pemandangan alam yang indah dari base camp tingkat lima ini. Hamparan yang hijau menjadi pemanja mata yang menyejukan jiwa.
Selain itu, kita sekaligus dapat menyaksikan matahari terbit dipagi hari jika kita bermalam di base camp tingkat lima. Sungguh sangat indah, dan rasa lelah dipagi hari akan hilang begitu saja saat kita menyaksikan lukisan alam yang berwarna keemasan naik di pucuk alam semesta. 

Kita dapat menghabiskan waktu beberapa saat di lokasi basecamp sambil menikmati matahari pagi yang indah sebelum kita turun ke tingkat dibawahnya untuk menyaksikan dengan jelas Air terjun. Sekiranya, untuk menghabiskan waktu 2 sampai 3 jam menyaksikan keindahan pagi hari di tingkat lima tidak akan menjadi hal yang sia-sia.


Embun yang berada diatas pepohonan yang terlihat jelas seperti lautan seakan-akan memaksa kita untuk tidak meninggalkan lokasi base camp di tingkat lima. Sungguh indah, mahakarya Tuhan Yang Maha Esa yang tidak dapat dinilai.
Setelah dirasa puas menikmati matahari terbit dan pemandangan hutan yang indah dipagi hari dari tingkat lima, kita harus turun kebawah untuk menyaksikan Air Terjun Terintik/ Terinting dengan jelas.
Anda akan menyaksikan Air yeng jatuh dari ketinggian sekian ratus meter yang begitu indah, dan anda pastinya tidak akan lupa untuk mengabadikan momen tersebut.
Mungkin gambar di bawah ini akan memupuk niat anda untuk mengunjungi Air Terjun ini. Tetapi, jika anda berkunjung ke Air Terjun ini, anda harus ingat, bahwa hutan bukanlah tempat sampah, segala keindahan yang ada di dalamnya juga patut kita jaga. Jangan membuat diri anda mejadi orang yang bisa disebut dengan sebutan Vandalis ( perusak) sejati. Vandalis dapat kita gambarkan dengan kegiatan mencoret-coret dinding fasilitas umum, tidak juga ketinggalan misalnya baru-batu yang ada di lokasi wisata atau sebagainya.
Hanya ini yang dapat saya informasikan kepada kalian semua, semoga bermanfaat, Salam Lestari!!

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal Barat Borneo : Rekomendasi Tempat Wisata Liburan Tahun Baru Terbaik di Kalimantan Barat

Dari Kaki Pegunungan Niut: Toleransi Antar Umat Beragama yang Kuat itu Terasa

Keladi (Raksasa)