Barat Borneo 6: Pesona Air Terjun Ungak/ Unga, Desa Dange Aji

JURNAL BARAT BORNEO- Sebelumnya kita sudah membahas Air Terjun Bedawan  yang begitu indah dan spektakuler. Kali ini kita akan membahas salah satu air terjun yang juga berada di Desa Dange Aji, yaitu air terjun Ungak/ Unga. Air terjun Ungak/ Unga, berada di hulu sngai so'ong dan berjarak sekitar satu jam an dari air terjun Bedawan.
air terjun Bedawan: Alu Feri dan Ayatul Albahris
 Air terjun unga atau ungak tidak kalah menarik dari air terjun bedawan yang sudah terkenal dikalangan pecinta alam. Dilokasi air terjun Ungak anda bisa menikmati kekayaan alam yang tidak ternilai dan sekaligus anda bisa melakukan kegiatan seru lainya, seerti memancing ikan.
Anda akan menemukan banyak ikan di lokasi air terjun yang dapat anda pancing. Akan tetapi, perlu dicatat, ikan hanya boleh ditangkap dengan pancing aatau alat penangkap ikan yang tidak mengganggu ekosistem/ mencemari sungai. salah satu yang dilarang adalah penggunaan tuba ikan. Jika anda melanggar, anda akan diproses secara Hukum Adat yang berlaku di Desa Dange Aji Kecamatan Air Besar dan Secara hukum yang sah di Negara Republik Indonesia. Uniknya, terdapat satu jenis ikan yang hanya dapat anda temukan di lokasi air terjun ini. Ikan itu adalah ikan ''Tangis''. Selain itu juga banyak terdapat ikan lainya, salah satunya adalah ikan yang sering di sebut masyarakat lokal dengan panggilan ikan ''Adongan".
picture by: Fery Putra Rimba
Disampin ini adalah saat salah satu teman Saya , sedang memancing di lokasi air terjun Ungak/ Unga. Seembari melihat foto, tidak salah jika saya memperkenalkan teman saya yang satu ini. mungkin Anda bisa lebih kenal dekat jika anda mengklik tulisan ini Allu Feri Putra Rimba
Mungkin anda semakin penasan dengan penampakan air terjun Unga/ Ungak yang menjjadi pembahasan dalam tuisan ini. Baiklah, sekarang saya akan mengajak anda melihat indahnya air terjun unga ini. Bagi anda yang suka petualangan yang menantang, air terjun unga saya rasa menjadi pilha yang tepat untuk anda kunjungi. Air terjun unga ini hanya dapat diakses dengan berjalan kaki kira-kira limam jam lamanya dari Desa Dange Aji. Dalam perjalanan anda akan dimanjakan keindahan alam yang masih sangat hijau, serta keindahan sungai so'ong yang masih asli dengan bebatuan unik di aliran sungai. Wah, pastinya anda semakin penasaran kan? sabar ya, sebentar lagi kita sampai kok. Dibawah ini adalah penampakan dari indahnya lokasi air terjun Unga/ Ungak yang anda nanti-nantikan untuk melihatnya. semoga anda dappat berknjung ke lokasi air terjun ini suatu saat nanti atau mungkin besok, lusa atau minggu depan. Ada baiknya anda berkenalan terlebih dahulu dengan orang-orang lokal yang sering melakukan perjalanan kesana dan bertanya apa yang perlu disiapkan dalam melakukan perjalanan ke air terjun Unga/ Ungak ini.

Ya, inilah penamppakan air terjun Ungak/ Unga yang anda nanti-nantikan. Sangat tinggi dan berada di kedalaman rimba yang masih asli. selamat menikmati. Salam Lestari!!

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal Barat Borneo : Rekomendasi Tempat Wisata Liburan Tahun Baru Terbaik di Kalimantan Barat

Dari Kaki Pegunungan Niut: Toleransi Antar Umat Beragama yang Kuat itu Terasa

Keladi (Raksasa)