TIPS melakukan perjalanan ke Air Terjun Bedawan

JURNAL BARAT BORNEO- Selamat Pagi, mohon maaf saya sudah lama tidak memposting informasi di laman blog ini, banyak hal yang harus saya selesaikan. kali ini, saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian yang ingin melakukan perjalanan ke "Air Terjun Bedawan".
Pertama-tama yang akan saya jelaskan adalah tentang medan yang lumayan berat, namun jangan khawatir, akan terasa ringan jika kita ikhlas menjalaninya (Jangan Baper). Untuk Videonya, Anda dapat menontonya disini:

Video Air Terjun Bedawan

Baiklah, berbicara tentang medan yang akan kalian temui dalam perjalanan menuju Air Terjun Bedawan, pastikan kalian beristirahat dengan cukup satu hari sebelum berangkat, serta sebaiknya melakukan pemanasan yang cukup pula seperti joging sebelum berangkat.
Kalian akan melewati medan datar, tanjakan landai, tanjakan "super", pacat penghisap darah, dan menyebrang sungai. Pertaman-tama, yang harus kalian perhatikan (menurut pengalaman saya), usahakan kalian menggunakan sandal gunung, jangan sepatu. Hal tersebut dikarenakan kalian akan basah-basahan saat menyebrang sungai. Jika kalian menggunakan Sepatu, pastinya sepatu kalian akan basah, dan otomatis akan berat saat dipakai. Kedua, usahakan membawa Tembakau untuk mengusir pacat yang hendak menghisap darah di badan kalian. Caranya, rendam tembakau di dalam botol dengan air secukupnya, setelah itu oleskan air tembakau tersebut ke area yang paling mudah di hinggapi pacat, misalnya kaki. Ketiga, usahakan untukmembawa air secukupnya, jangan kebanyakan. Selain air dalam perjalanan menuju air terjun mudah di dapatkan, hal tersebut juga akan menghindari kalian dari ketagihan minum yang dapat berakibat tidak baik di sendi kaki kalian. Kaki kalian akan mudah lelah, apabila terlalu banyak minum. Keempat, untuk daypack/ kerir (ransel) usahakan ukuran yang sedang, jangan terlalu besar, cukup 35L-45-L saja.
Selain itu, yang wajib dibawa adalah pisau/golok ukuran sedang, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Mungkin, hanya itu yang dapat saya sampaikan, selebihnya, saya yakin kalian sudah siap dengan perlengkapan kalian. SELAMAT BERPETUALANG.

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal Barat Borneo : Rekomendasi Tempat Wisata Liburan Tahun Baru Terbaik di Kalimantan Barat

Dari Kaki Pegunungan Niut: Toleransi Antar Umat Beragama yang Kuat itu Terasa

Keladi (Raksasa)